by

wisata  Di  Kaki  Gunung  Semeru

gunung semeru merupakan wisata gunung jatim yang merupakan tertinggi di pulau jawa, dengan tinggi sekitar 3.676 Mdpl. Selain itu gunung semeru termasuk gunung berapi tertinggi ke  tiga di indonesia setelah gunung kerinci di sumatera dan gunung rinjani yang berada di nusa tenggara barat(NTB), pada puncak kawah gunung semeru sering dikenal dengan nama lain jonggring saloko, secara administratif gunung semeru termasuk dalam dua wilayah kabupaten yakni kabupaten lumajang dan kabupaten malang.

Setelah kita mengulas tentang gunung semeru, di sekitaran gunung semeru terdapat banyak tempat wisata yang patut untuk anda datangi yang mempunyai udara yang dingin namun sejuk dengan keindahan hutan nya yang menawan.

1.    Puncak B29

Puncak B29 merupakan sebuah desa yang merupakan desa tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian desa kurang lebih 2.900Mdpl yang berada di kecamatan senduro kabupaten lumajang dari desa ini kamu dpat melihat keindahan gunung bromo beserta lautan pasirnya dan bukit cantik yang berada di sekitaran gunung bromo. Banyak orang yang menyebut tempat ini dengan negeri di atas awan karena ketinggian desanya yang menyebabkan awan seakan akan bersama kita.

2.    Hutan  Pinus  Semeru

sumber: https://2.bp.blogspot.com
Kalau mendengar kata hutan pasti semua gunung memiliki hutan, termasuk gunung semeru. Terletak di kecamatan wajak kabupaten malang terdapat wisata baru yang dikenal dengan nama hutan pinus semeru dengan suasana alam yang masih asri dan terjaga membuat wisatawan betah di tempat ini. Di tempat ini kamu bisa hunting dengan nyaman, banyak sekali spot foto disini dengan ditemani banyaknya pepohonan pinus yang menenangkan hati dan disini juga ada hammock dan masih banyak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

3.    Ndayung  Rafting

Di kaki gunung semeru juga terdapat wisata rafting , yang cukup terkenal di sebagian masyarakat.  untuk tempat ndayung rafting sendiri cukup mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi. Untuk tempat sendiri ndayung rafting masuk dalam kecamatan poncokusumo, desa gubugklakah, kabupaten malang. Ndayung rafting sendiri merupakan tempat rafting yang melewati sungai amprong  yang merupakan DAS brantas  disini kamu akan menikmati sensasi rafting yang amat seru dan tidak bisa terlupakan dengan menempuh perjalanan rafting sekitar 2,5 jam yang berfinish di ledok amprong yang berada di bawah wisata ndayung rafting.

4.    Air  Terjun  Tumpak  Sewu

sumber: https://i.ytimg.com
Air terjun tumpak sewu merupakan surga tersembunyi yang berada di perbatasan kabupaten malang-lumajang tepatnya di kecamatan pronojiwo dan kecamatan ampelgading. Air terjun ini merupakan hulu dari sungai glidih, untuk menuju air terjun tumpak sewu dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 namun untuk menuju air terjunnya masih terbilang sulit dan terjal, pasalnya di tempat ini sudah menyebabkan korban jiwa jadi, untuk pengunjung dimohon untuk menaati peraturan yang sudah ada dan berhati hati. Disarankan bila terjadi hujan dan sudah sore hari dimohon tidak turun ke air terjun karena jalan yang licin dan minimnya penerangan di tempat ini.

5.    Candi  Jawar

Di sekitaran gunung semeru kamu juga dapat belajar sejarah yang masih terjaga tempatnya dan keindahannya yang indah. Candi yang merupakan peninggalan kerajaan majapahit ini bertempat di wilayah malang selatan tepatnya di daerah desa mulyosari kecamatan ampelgading kabupaten malang. Yang berada di ketinggian 1400 Mdpl untuk menuju kesana jalurnya tidak terlalu rumit, dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat umum di tempat ini dapat digunakan engel foto yang cukup menarik dengan latar belakang gunung semeru yang tampak gagah dari kejauhan