by

Rancangan Dari Yang Murah Sampai Yang Mahal

Kehebatan para seniman di dunia fesyen (baca: fashion designer) membuat penikmat keindahan pakaian terus menerus menginginkan sesuatu yang sangat kreatif dan inovatif. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebiasaan baru ini terus menumbuhkan rasa untuk tampil beda dan memiliki barang seni yang terbatas. Style fashion bisa juga tumbuh karena limitasi dari sebuah rancangan seorang fashion designer. Barang yang dibuat memang benar-benar hanya satu rancangan dan hanya satu pemakai saja. Inilah yang membuat style fashion dari sebuah pakaian yang hanya dibuat satu barang jadi saja bisa terus naik dalam nilai estetika dan nilai jual.

4

Berbeda dengan pakaian yang dijual hanya untuk mengejar penghasilan saja. Style fashion yang dianut pun hanya sekadar mengikuti tren yang sudah lama pernah ada. Diproduksi dalam jumlah banyak, membuat nilai jual harus mengikuti harga pasar. Contoh, modal pembuatannya hanya sebuah t-shirt yang sudah jadi dengan bahan yang lumayan baik, kemudian di sablon dengan keinginan “si tukang sablon” atau orang yang memesan baju beserta desain sablonannya. Dengan bermodalkan seperti itu, pakaian tersebut bisa ditembus dengan kisaran harga Rp50.000 sampai dengan Rp200.000 tergantung dari kualitas bahan t-shirt dan desain dari sablonannya.

Style fashion yang murah juga bisa kita dapat dari jenis bordir. Bisa kita aplikasikan ke pakaian yang kita kehendaki. Misalkan ingin membuat gambar boneka pada baju anak tanpa sablonan, bisa kita pakai cara bordir agar lebih aman untuk kulit sang anak yang masih sensitif terhadap bahan kimia yang kandungannya tidak terukur. Bordiran hanya menggunakan benang jahit yang dipasang ke pakaian dengan alat khusus. Untuk penyematan nama dada (baca: name tag), bordiran juga merupakan style fashion yang bisa digunakan. Ini biasa digunakan di baju sekolah anak SD, SMP, dan SMA. Harga jasa bordirannya pun terbilang murah. Hanya Rp5.000 per satu buah nama untuk satu buah baju. Sangat berbeda untuk mengenai harga dan cara dengan pakaian yang di desain oleh fashion designer.

Pakaian yang dirancang dan dibuat oleh fashion designer bisa berharga sangat mahal dan terkadang tidak masuk akal hanya untuk sebuah pakaian. Selera dari calon pemilik, bahan yang dipakai, dan kerumitan membuat pakaian sangat menentukan harga. Jika pakaian yang dirancang dan dibuat hanya berharga dalam hitungan juta, mungkin itu hanya sebuah hasil karya yang sederhana bagi designer yang sudah biasa membuat Fashion Pakaian yang luar biasa. Tetapi, jika sudah menginjak kisaran harga mulai puluhan juta, perlu diperhitungkan karya fashion designer tersebut. Pasalnya, style fashion yang ada pada pakaian tersebut pasti sangat memukau. Dari segi rancangan, bahan baku untuk membuat pakaian tersebut (terkadang terdapat batu mulia untuk menaikkan nilai jual dan nilai estetika), dan kerumitan teknik yang digunakan.