by

Menikmati Sunset dan Sunrise di Gunung Api Purba Nglanggeran

Di Yogyakarta terdapat sebuah tempat yang menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan juga menlihat matahari terbenam tempat tersebut adalah di objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba yang berada di Yogyakarta. Gunung ini terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu dan tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit.

Objek wisata ini sebenarnya telah dikembangkan semenjak tahun 1999 namun mulai populer pada pertengahan tahun 2000 seiring dengan berkembangnya media sosial di Indonesia. Awalnya kawasan ini dikelola oleh karang taruna desa setempat kemudian di ambil alih oleh Badan Pengelola Desa Wisata Nglanggeran sehingga pengelolaannya menjadi lebih profesional dan lebih tertata rapi dengan berbagai tambahan fasilitas. Paket tour jogja murah sudah tersedia jika anda menggunakan jasa tour kami.

Aktivitas mendaki gunung ini tidaklah berat dan menguras tenaga dibanding mendaki Gunung Merapi. Untuk mencapai puncak gunung hanya membutuhkan waktu satu hingga satu setengah jam saja, melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit yang menjadi daya tarik dari pendakian gunung ini. Pemandangan bebatuan purba tampak unik dan memikat sehingga banyak wiatawan yang berhenti dan memotret saat berada di kawasan ini.

Jika berangkat di sore hari maka wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam di sisi barat gunung. Pemandangan cahaya mentari yang memikat ditambah pemandangan Gunung Merapi dan gunung-gunung lainnya menambah  pesona dari gunung ini disaat senja. Di kala matahari telah tengelam, wisatawan bisa menyaksikan lampu-lampu Kota Yogyakarta yang menyala dan mewarnai daratan dengan indahnya.

Tempat ini juga merupakan lokasi yang digunakan untuk kemah para pencinta alam atau para mahasiswa yang sedang berakhir pekan di tempat ini. Mereka bisa menikmati keindahan malam dan menikmati kesunyian malam yang jauh dari keramaian dan penuh dengan ketenangan. Di kala pagi mereka bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari ufuk timur dan bisa memandang hamparan luas kawasan Pegunungan Sewu yang membentang di sepanjang Gunung Kidul sebelum turun dan kembali ke kota Jogja.