by

Mahavihara Buddhamanggala, Wihara Agung di Balikpapan

Banyak orang Indonesia yang pergi ke Thailand untuk dapat melihat Dhammasala Manmgalabharana atau patung Buddha tidur. Padahal di Indonesia sendiri terdapat sebuah patung Buddha tidur yang merupakan salah satu patung Buddha paling besar yang ada di Indonesia. Patung tersebut berada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tepatnya di sebuah wihara agung yang bernama Mahavihara Buddhamanggala. Wihara ini juga menjadi lokasi berdirinya sebuah candi modern, yang juga menjadi candi modern terbesar di tanah air.

Seperti Apa Mahavihara Buddhamanggala Tersebut?

Mahavihara Buddhamanggala merupakan sebuah kompleks vihara yang sangat luas. Lahannya memiliki luas hingga 2,5 hektar. Saat memasuki area tersebut, kita akan melewati gapura yang dipuncaknya terdapat 3 buah patung singa. Ketiganya mengusung cakra pada bagian atasnya. Setelah melewati penerima tamu dan melaporkan diri, kita pun dapat memasuki area vihara yang berada di wilayah perbukitan. Kemudian kita dapat melihat apa saja yang ada di Mahavihara Buddhamanggala, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  1. Patung Buddha tidur

Setelah melewati gapura, kita akan melihat pelataran yang luas dengan kolam berbentuk bunga teratai. Kemudian kita akan menaiki anak tangga dan memasuki bangunan yang terdapat di bagian kiri. Di dalam bagunan terdapat patung Buddha tidur. Patung yang berukuran sangat besar ini, memiliki warna keemasan dan sangat indah. Patung tersebut diletakkan di ujung ruangan yang sangat luas. Jika dilihat dengan seksama, bentuk patung memang mirip dengan yang ada di Thailand.

  1. Candi modern

Tidak jauh dari bangunan tempat patung Buddha berada, terdapat sebuah candi modern. Disebut candi modern, karena candi ini dibangun pada masa modern, yaitu sekitar tahun 2003 hingga 2008. Candi yang indah ini juga dibalut dengan warna keemasan. Di dekat tangga menuju lokasi candi terdapat kolam yang pancuran airnya memiliki bentuk kepala gajah, yang juga berwarna keemasan. Untuk memasuki area candi modern, pengunjung harus melepaskan alas kaki, berpakaian sopan dan rapi serta menjaga ketenangan dan kebersihan.

  1. Bagian belakang dari candi

Setelah menikmati keindahan candi modern, kita dapat menuju ke bagian belakangnya. Di sini dibuat kolam-kolam yang didalamnya hidup kura-kura. Pengunjung dipersilahkan memberi makan kura-kura, menggunakan makanan yang bisa dibeli di lingkungan vihara. Tidak hanya itu, dibagian belakang candi juga berdiri sebuah gedung yang diatasnya terdapat lonceng emas. Ada juga aula, taman, dan tempat membakar hio. Tempat tersebut berbentuk seperti candi yang kecil. Kita pun dapat menemukan patung rusa yang berwarna emas.

  1. Bagian wihara lainnya

Komplek Mahavihara Buddhamanggala memang cukup lengkap. Di sini kita dapat menemukan dapur umum dan rumah-rumah kecil yang digunakan sebagai tempat untuk bermeditasi. Suasana disekitar rumah-rumah meditasi sangat sunyi, sehingga memudahkan dilakukannya pemusatan fikiran. Masih di lingkungan wihara, kita bisa menemukan kios yang menjual beragam buku agama Budha. Dijual juga souvenir yang berupa patung Budha dan baju kaos.

Mahavihara Buddhamanggala merupakan tempat ibadah yang juga terbuka untuk umum. Wihara yang bisa dikunjungi mulai dari jam 06.00 pagi hingga 22.00 malam ini, terletak di Jalan MT Haryono, Balikpapan. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, dapat mengunjungi wihara dengan menggunakan mobil sewaan. Pesanlah mobil melalui website https://docar.co.id/sewa-mobil-balikpapan . Mobil yang disewa beserta dengan supirnya akan menjemput ke hotel untuk kemudian mengantarkan menuju wihara agung dan tempat-tempat lainnya di Balikpapan, dengan sangat nyaman.

 

Mahavihara Buddhamanggala merupakan tempat ibadah yang juga menjadi obyek wisata di Balikpapan. Mobil sewaan yang dipesan melalui docar.co.id dapat mengantarkan menuju wihara ini.