by

Konsekuensi Yang Akan Dihadapi Saat Menghemat

Konsekuensi Yang Akan Dihadapi Saat Menghemat

Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang berusaha untuk maju. banyak usaha yang dilakukan seperti menunjang perekonomian. Menaikkan taraf ekonomi ini bisa dengan berbagai cara salah satunya yang berperan adalah kualitas sumber daya manusia. Jika SDM sudah tercukupi, maka akan mudah untuk mengembangkan kualitas ekonomi. Banyak sarjana menganggur. Banyak para pekerja tidak mendapatkan hasil dengan semestinya. Berbagai pekerjaan yang dilakukan dengan keringat dan usaha yang maksimal namun tidak sesuai dengan upah kerja kerasnya, atau bisa dibilang masih dibawah UMR (Upah Minimum Regional).

Memiliki kehidupan yang terbebas dari setiap permaslahan ekonomi adalah keinginan setiap orang. Namun untuk mendapatkan hal ini bukanlah hal yang mudah. Dengan berbekal tekad yang besar dan usaha yang ekstra maka kehidupan yang layak bisa didapatkan. Walaupun banyak manfaat yang didapatkan jika melakukan penghematan, namun ternyata ada beberapa konsekuensi yang akan didapatkan jika melakukan penghematan, antara lain:
1. Kebutuhan Pokok
Kebutuhan pokok ada tiga, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Untuk memenuhi kebutuhan ini manusia harus pandai-pandai berhemat. Penghematan yang idlakukan oleh beberapa pihak tentu akan menekan pengeluaran yang menyebabkan pemenuhan kebutuha pokok ditekan. Jika kebutuhan pokok ditekan, maka tentu akan ada pengorbanan yang harus diberikan. Seperti pemenuhan kebutuhan primer tidak tercukupi dengan maksimal akibat penghematan yang dilakukan beberapa pihak hanyalah menumpuk harta saja.

2. Gaya sehari-hari
Memang akan ada beberapa pengorbanan yang akan diberikan jika melakukan penghematan dalam bentuk apapun. Disini, baik gaya berpakaian atau juga aktivitas sehari-hari akan dipengaruhi oleh adanya penghematan. Oleh sebab itu, jika melakukan penghematan ada baiknya jika melakukan berbagai aktivitas tambahan seperti mencari kerjaan. Pekerjaan bisa didapatkan dari internet sebagai tambahan income anda.

3. Kesehatan
Adakalanya demi menghemat yang luar biasa, seseorang tidak lagi memperhatikan pola makan dan kesehatannya. Hal ini sebenarnya berdampak buruk untuk kesehatan dimasa mendatang. jika melakukan penghematan, maka mulailah untuk memilah mana yang diperlukan dan yang tidak. Namun jangan mensama ratakan semua kebutuhan bukan hal yang penting bagi tubuh.

4. Kelas Sosial Dimata lingkungan
Dalam melakukan penghematan akan menunjukkan status sosial anda. Seseorang yang melakukan penghematan cenderung merupakan seorang yang berasal dari kelas menengah hingga kebawah. Hal tersebut merupakan pandangan lingkungan terhadpa anda. Sebetulnya, bukan tidak mungkin jika orang kaya berhemat. orang kaya yang pintar, justru akan berinvestasi dan hanya menggunakan sebagian uangnya hanya untuk keperluan yang berguna. Dalam berhemat, pilihlah bagian yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Jangan dipaksakan untuk berhemat jika memang ada kebutuhan yang mendesak. Karena tujuan berhemat juga untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak tersebut.