by

Hal-Hal  Yang  Perlu  Dipersiapkan  Sebelum  Mendaki

Kegiatan mendaki gunung kali ini sangat digemari oleh kalangan anak muda. di indonesia cukup banyak gunung yang merupakan favorit di kalangan anak muda ada gunung semeru dan merbabu yang merupakan favorit pada kalangan mendaki. Karena sangat seru dan menyenangkan, dalam mendaki gunung kita bisa belajar tentang bagaimana kita menghargai alam kita sebagai tempat tinggal kita .Bagi para pemula tentunya harus mempersiapkan diri dengan sedemikian, karena resiko yang amat besar jika tidak memperhatikan keselamatan dalam mendaki.

–        Persiapan  Fisik  Dan  Mental

Untuk kamu yang baru pertama kali mendaki yang harus kamu persiapkan yaitu fisik dan mental kamu yang harus prima. Persiapan fisik sangat diperlukan karena untuk menempuh jarak yang jauh dalam mendaki gunung harus memiliki fisik yang kuat,  untuk melatih fisik kamu minimal anda harus jogging seminggu sebelum berangkat mendaki.

–        Persipaan  Perlengkapan  Mendaki

Perlengkapan mendaki merupakan hal yang penting dalam mendaki dalam kelompok maupun individu. Termasuk tenda, alat masak, matras dan sisanya masuk perlengkapan pribadi.

Perlengkapan pribadi ini sangat penting karena sangat menentukan kelancaran pendakian, dalam mendaki jangan bergantung pada peralatan orang lain, saat mendaki gunakan pakaian yang disesuaikan untuk mendaki dan jangan menggunakan pakaian jeens dan kamu kalau belum mempunyai peralatan mendaki sebaiknya, sewalah di tempat penyewaan kalau bisa sewa semua barang yang diperlukan dalam mendaki jika kamu masih belum punya.

–        Pelajari  Medan  Pendakian

Jangan pernah menganggap remeh pendakian di gunung. Pasti anda akan berfikir bila mendaki gunung itu asyik.

Ketauhilah orang yang mendaki gunung tidak semudah yang anda bayangkan, mereka yang mendaki gunung harus menaiki medan yang cukup berat dengan melewati jalur yang berliku, dan naik turun jika anda salah ambil jalan kamu pun bisa tersesat. Bila kamu mendaki gunung sebaiknya dengan yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung dan buka lah artikel-artikel yang berkaitan dengan jalur pendakian gunung tersebut.

–        Persiapan  Logistik

Dalam perjalanan pasti anda akan membutuhkan logistik, untuk memenuhi asupan anda disaat kelelahan untuk mengisi ulang tenaga anda,dalam perjalanan pendakian kita harus memperkirakan dulu kisaran waktu pendakian. Apabila lokasi pendakian berada di luar kota, sebaiknya meringankan beban anda disaat anda melakukan pendakian di luar kota.

Selain makanan berat, bawalah snack makanan sedikitnya mengganjal perut anda disaat break di tengah tengah perjalanan pendakian. Walaupun tidak seberapa setidaknya bisa memberikan energi untuk melanjutkan perjalanan.

–        Persiapkan  Air

Salah satu pentingnya mempelajari medan pendakian yaitu untuk mengetahui di dalam track pendakian terdapat sumber air atau tidak. Di beberapa gunung terdapat sumber air namun juga beberapa gunung juga tidak terdapat sumber air yang dekat dengan jalur pendakian, jika memiliki sumber air di dekat jalur pendakian kita tidak perlu membawa air dari bawah dengan jumlah banyak.

Air tidak hanya digunakan untuk minum  namun, juga untuk memasak. Untuk lebih amanya, minimalnya anda harus membawa air dengan jumlah 2 botol air ukuran 1500ml per orang untuk saru hari pendakian.

–        Persiapan  Mencari  Teman  Mendaki

Setelah perlengkapan mendaki dan niat tekad anda sudah kuat untuk mendaki, saatnya anda untuk mencari teman untuk melakukan mendaki, jika kamu mendaki bersama orang atau teman yang belum pernah mendaki, sebaiknya anda mengajak orang yang sudah pernah mendaki gunung.

Dengan mengajak orang yang sudah berpengalaman dalam mendaki dengan demikian anda akan merasa lebih aman. Mendaki tidak semudah yang kita bayangkan, dengan ditemani satu orang yang sudah berpengalaman, resiko untuk tersesat akan kecil terjadi.

–        Jangan  Lupa  Berdoa

Sebelum melakukan pendakian jangan lupa untuk melakukan berdoa secara bersama-sama. Selain untuk meminta kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan pendakian, berdoa juga menunjukan diri kita sebagai orang yang tidak angkuh. Selain itu berdoa juga menjadi semacam salam kita terhadap alam.

Jika kita sudah turun maupun pulang jangan lupa sampah yang tadinya dibawa ke atas, mohon untuk dibawa turun kembali untuk menjaga kelestarian alam.

SALAM LESTARI